Pages

Tuesday, April 9, 2013

pelabuhan laut terbesar di dunia

Hai readers apa kabar ? udah lama admin cumaedit.blogspot.com gak posting artikel hehe..
kali ini admin mau kasih postingan tentang salah satu penopang ekonomi suatu negara yang tentunya juga tidak lepas dari mata dunia internasional karena hubungan antar negara sangat penting untuk kepentingan ekonomi. Nahh!!!!
Dengan berkembangnya teknologi masing-masing negara menunjukan kemampuannya terhadap ekonomi dunia salah satunya melalui "pelabuhan" karena hubungan negara dengan dunia internasional khususnya ekonomi tak lepas dari peran pelabuhan, pastinya di benak kita bertanya-tanya pelabuhan mana saja sih yang menjadi pelabuhan super besar saat ini di dunia, berikut pelabuhan terbesar di dunia versi admin dengan melihat beberapa informasi simak baik-baik ya..

1. Port of Shanghai (china): 29 juta TEUs / 534 juta cargo volume
Tidak bisa dibayangkan sebesar apa Port of Shanghai ini, pengalaman admin masuk pelabuhan Tj priok aja udah kesasar sampe di kejar sama petugas syahbandar saking bingung nya sama komplek pelabuhan tapi untuk port of shanghai ini gak bisa dibayangin deh mungkin bisa bikin tenda disana kalo kesasar hehehe.
pelabuhan yang memiliki peran ganda yaitu untuk pelabuhan sungai dan pelabuhan laut ini terletak di muara sungai yantze china dan juga sebagai urat nadi bagi perekonomian kawasan lain seperti provinsi zhejiang, jiangsun dan henan.


















2. Port of Ningbo-Zhoushan (china)
Pelabuhan laut ini sebenarnya adalah 2 pelabuhan laut yang dilebur menjadi satu, pelabuhan besar ini dulunya adalah pelabuhan lama yaitu pelabuhan Ningbo dan juga pelabuhan Zhoushan pada tahun 2006 tentunya yang tujuannya untuk memudahkan koordinasi dalam satu pelabuhan laut dan seiring berjalannya waktu pelabuhan ini masuk ke 10 besar pelabuhan raksasa dunia yang akan rampung di tahun 2014 mendatang.














3. Port of Singapore (singapore)
Bagi kalangan pelaut indonesia tentunya tak asing lagi dengan pelabuhan yang satu ini yang terletak berdekatan dengan indonesia. pelabuhan singapore ini merupakan terbesar dan tersibuk di asia tenggara, sangat menakjubkan yang sebagaimana kita tau singapore tak lebih besar dari jakarta ini mampu memiliki pelabuhan TERBESAR dan tersibuk. Selain itu pelabuhan ini terhubungun dengan 600 pelabuhan di seluruh dunia dan lebih dari 100 negara termasuk Indonesia berhubungan dengan pelabuhan laut ini bahkan 50% hasil minyak mentah yang ada di dunia transit di pelabuhan singapore, sungguh membanggakan.

















4. Port of Rotterdam (belanda)
Ini adalah peringkat ke 4 dunia yang merupakan peringkat 1 pelabuhan terbesar di eropa dalam kurun waktu 42 tahun , mungkin jaman penjajahan dulu harta indonesia yang dirampas terlalu banyak dan tempatnya tidak cukup untukdi tampung di pelabuhan makannya pemerintah belanda membuat pelabuhan yang lebih besar lagi hehehe just kidding hanya opini saja readers.
















5. Port of Tianjin (china)
Lagi-lagi negara yang memiliki daratan terluas ke 2 dunia dan merupakan salah satu ekonomi kuat dunia yaitu china memiliki pelabuhan besar yaitu pelabuhan Tianjin china yang terletak di sepanjang ujung sungai haihe. terhubung juga dengan 400 pelabuhan dan 200 negara di dunia. Angka tersebut kemungkinan akan menaik dalam kurun waktuu 4 tahun karena kapasitas pelabuhan yang belum maksimal.


Itu adalah sekian 5 pelabuhan besar di dunia, sebenernya ada banyak ratusan pelabuhan jika di urutkan pastinya akan panjang sekali artikel ini hehehhe
dan ini adalah 20 besar pelabuhan laut tahun 2010 yang dirilis oleh AAPA menurut ranking nya

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah membaca artikel blog ini dan untuk merekomendasikan artikel ini ke teman anda bisa pilih tombol share.

Post a Comment

..