Pages

Monday, April 22, 2013

tips menjadi telemarketing yang hebat

Apa kabar ? semoga baik-baik yah amin.
untuk postingan kali ini cumaedit.blogspot.com ingin sharing tentang suka duka nya menjadi telemarketing dan juga tips untuk menjadi telemarketing yang hebat.
Untuk zaman yang seperti sekarang ini yang kemajuan tekhnologi nya sangat cepat sekali, banyak dari pelaku usaha memanfaatkan keadaan yang memberikan hasil yang cukup besar yaitu menjual produk barang atau jasa menggunakan tekhnologi, entah melalui telefon ataupun media elektronik.



Nah kalo bicara kayak gini pasti kita berbicara tentang telemarketing. membahas apa itu telemarketing dan bagaimana untuk menjadi telemarketing yang hebat ??

Telemarketing adalah seni menawarkan produk melalui media komunikasi seperti telepon yang dari penawaran, penginformasian sampai transaksi jual beli nya melalui telepon dan juga menjadi telemarketing tidaklah gampang, karena seorang telemarketer harus bisa membuat seorang nasabah yang ditawar nya mau untuk membeli produk tersebut, simak yah kiat-kiatnya.



- Persiapan
seorang telemarketer haruslah mempersiapkan materi ataupun produk yang seperti apa yang ingin dijual terutama untuk kesiapan diri yaitu mental karena nasabah yang kita temui bukan lah nasabah yang kita kenal bahkan raut wajahnya pun tidak kita tau. maka dari itu kesiapan mental lah yang diperlukan.

-Memahami produk
selain untuk persiapan diri, inilah salah satu yang paling penting yaitu memahami produk yang akan dijual. kalau yang dijual saja tidak tau bagaimana nasabah kita mau beli ? apa lagi ada pertanyan dari nasabah yang memang sebenarnya tertarik tapi setelah tau kita tidak memahami produk pastinya mereka akan ragu.

-Percaya diri
kenapa percaya diri ? inilah yang menjadi titik lemah seorang telemarketer yaitu kurang nya kepercayaan diri, kalau untuk ke diri sendiri saja kita tidak percaya bagaimana nasabah/orang lain karena kita menjual melalui udara bukan face to face ? posisikan lah diri anda sebagai seorang nasabah. maka tentunya anda akan mendapatkan hasil yang maksimal.

-Percaya produk
kalau untuk yang satu ini pastinya sensitif sekali , bayangkan anda merasa kalau produk yang anda jual itu tidak bermanfaat?? hemm gimana ya..
disinilah pentingnya ! nasabah kebanyakan, hanya ingin membeli kalau mereka butuhkan itu pun kalo mereka ada uang. kalau anda sudah memiliki kepercayaan pada produk yakinkanlah pada nasabah kalau produk ini benar-benar mereka butuhkan dan bermanfaat, buka mainset dan fikirannya kalau produk yang anda jual sangatlah bermanfaat jadi seorang telemarketer bukanlah menjual produk tetapi menjual manfaat. kalau nasabah sudah berfikir demikian sekalipun tidak punya uang pasti akan bela-belain beli deh trus sale/closing hehehe..

-Bicara santun
Cara anda berbicara tentunya akan menetukan respon nasabah kalau anda bicara santun dan bersikap ramah nasabah pun yang tadinya marah-marah akan menjadi simpatik dan mau mendengarkan presentasi  anda, anggaplah nasabah seperti teman agar nasabah merasa nyaman dan tidak kaku dengan kita tapi ingat kita dalam posisi menjual yang menempatkan nasabah seperti raja, jadi santun dan bersikap ramah adalah kunci untuk membuka hati nasabah.

-Menerima penolakan
ini yang terkadang dikeluhkan oleh seorang telemarketer yaitu penolakan ! kadang ada juga yang marah setelah merayu tapi nasabahnya tetap tidak mau, pasti anda jg akan merasakan kok hehehe :D .
anda harus menerima penolakan karna itulah resiko menjadi penjual, kalo anda mengeluh sama saja seperti petinju yang sedang bertanding mengeluh kesakitan kepada pelatih karena dipukul oleh lawan nya padahal itulah resikonya. lucu yah kalo kayak gitu hehehe. kita harus bersikap profesional dan menerima segala resiko.



itulah kiat-kiat menjadi telemarketing yang handal bisa anda jadikan patokan tetapi banyak-banyak bertanyalah kepada senior anda dikantor karna setiap pertanyaan dan juga penolakan nasabah dinamakan handling objection yang tentunya senior anda sudah merasakan hal tersebut.


semoga menjadi telemarketing yang hebat dan artikel ini bermanfaat bagi anda.

9 comments:

  1. wah.. tak perlu terjun ke lapangan nih..

    ReplyDelete
  2. yapp betul gan, kalo untuk telemarketing cukup didalem kantor depan komputer ngga panas-panasan hehe thanks udah mampir gan.

    ReplyDelete
  3. Sebaiknya kalau mau neleponin calon customer itu baiknya jamber ya??

    TY

    ReplyDelete
  4. untuk christy pardede salam kenal, jamber itu maksudnya jam berapa ya ? kalau untuk jam dimungkin kan jam jam makan siang atau istirahat sekitar jam 12:00 - 13:00 karena itu waktu senggang CH jadi kita bisa ambil kesempatan itu namun alangkah baiknya kamu telpon di pagi hari agar bisa buat janji dengan CH di jam berapa mereka bisa di ganggu karena bisa saja CH tersebut tidak ingin diganggu jam makan siang nya.

    menurut admin sekian. terima kasih sudah mampir ya semoga bermanfaat..

    ReplyDelete
  5. Masih bingung nih, bisa diinfokan lebih jelasnya bget? Saya masih nuwbi nih jdi telemarketing, baru 4 harian .. Masih gagu buat nelpon customer..

    Thanks dan best regards,

    Teddy Septiansyah

    ReplyDelete
  6. Terimakasih atas kiat kiat nya detelah saya membaca saya smkin semangat memjalani pekerjaan saya

    ReplyDelete
  7. kebetulan saya sudah jdi telemarketing 2 tahunan tpi masih ttp blajar..tq :D

    ReplyDelete
  8. thanks infonya.
    mereka bisa, aq pasti juga bisa.
    Amin.

    ReplyDelete
  9. iyaa bro kalo nasanahnya sudah nolak menta2 di awal tapi kita belum presentasi , apa yang musti kita lakukan kasih tipsnya ya broooo makasih yaaa :)

    ReplyDelete

Terimakasih telah membaca artikel blog ini dan untuk merekomendasikan artikel ini ke teman anda bisa pilih tombol share.

..