Pages

Monday, April 7, 2014

1 tahun cahaya berapa kilometer?

Awalnya admin cumaedit.blogspot.com juga bingung apa sih yang dimaksud tahunan cahaya? dan  1 tahun cahaya berapa kilometer? atau Berapa jarak 1 tahun cahaya bisa dihitung dalam satuan kilometer.
saat diberi penjelasan oleh seorang teman dan googling di internet. admin bisa share sama kalian.





Jarak satu tahun cahaya bisa diukur dengan km atau mil
Kalau di tanya berapa jauh sih jarak 1 tahun cahaya itu. Bukan berarti satu sinar menempuh perjalanan selama 1 tahun lalu jaraknya menjadi sangat jauh lalu tidak bisa dihitung lagi. Cahaya memiliki kecepatan, sama seperti kecepatan suara memiliki kecepatan jarak tempuh.

Kita sering membaca pelajaran astronomi, ukuran galaksi atau jarak dari satu bintang ke bumi dan lain. Umumnya dihitung berdasarkan jarak dalam satuan tahun cahaya.

Kecepatan cahaya atau lintasan cahaya dapat dihitung dalam satuan km. Karena cahaya sama seperti
frekuensi dan memiliki kecepatan lintasan dan jarak dalam waktu. Ukuran kecepatan cahaya menjadi satuan nomor 2 paling jauh dan paling cepat dalam satuan jarak tempuh. Astronom mengunakan kecepatan cahaya sebagai satuan kedua untuk mempersingkat jumlah jarak dalam angka.

Untuk pembanding.
Jarak matahari ke bumi sekitar 149 juta km, mewakili 1 AU. (Dalam satuan unit astronomi = AU)
1 tahun cahaya = 63.240 AU. Atau 63.240 AU X 149 juta km.

Berapa jarak 1 tahun cahaya sebenarnya
Satuan dari tahun cahaya memiliki simbol ly (Light Year), jauhnya sekitar 10 triliun km. Mewakili waktu ditempuh cahaya selama 1 tahun dengan jarak 10 triliun km. Angka tersebut diambil dari jarak tempuh cahaya yang melintas diruang hampa selama satu tahun Julian (365 hari). Hemm angkanya jadi banyak. Jadi cahaya akan melintas sejauh 10 triliun km selama 1 tahun.

Apakah satuan cahaya adalah satuan paling kecil dalam satuan jarak paling jauh. Masih ada satu lagi satuan dalam perhitungan jarak.
Satuan yang lebih singkat dari ly adalah Parsecs. Mengunakan simbol pc, 1 pc sama dengan 3 ly (1 pc setara 3 kali kecepatan cahaya).
Tepatnya 1 pc = 3,26 ly (tahun cahaya) = 30,9 triliun km. Satuan pc digunakan untuk menghitung jarak sebuah objek dengan benda diruang angkasa dengan membandingkan sebuah objek dengan benda terdekat dalam sudut tringulasi / segitiga.




Satuan pc tidak banyak digunakan untuk mengukur jarak sebuah benda di ruang angkasa. Lebih umum mengunakan tahun cahaya atau ly.
Jadi tahun cahaya bisa dihitung dan mewakili satuan ukuran jarak dan bukan ukuran waktu saja. Karena dapat ditentukan dengan persamaan lain seperti jarak dalam km atau mil.

Berapa kecepatan cahaya dalam satuan detik. Kecepatan cahaya perdetik = 300 ribu km perdetik. Sekarang lebih mudah di mengerti bila kecepatan cahaya dimasukan dalam hitungan jarak perdetik.
Sekarang bisa diketahui mengapa digunakan satuan ly atau tahun cahaya dapat mempersingkat satuan jarak. Tidak mungkin menulis jarak satu bintang terdekat harus ditulis 4 tahun cahaya menjadi 40.000.000.000.000 km. Itu baru satu bintang terdekat. Bila jarak galaksi terdekat 2.5 juta tahun cahaya atau galaksi terjauh dengan jarak 2 triliun tahun cahaya. Angka 0 akan sangat panjang sekali kan.

Satu penjelasan mengapa digunakan satuan tahun cahaya.
Karena analisa satuan cahaya dapat disatukan dengan satuan waktu. Jarak tempuh cahaya tidak hanya sebagai satuan jarak. Dapat juga di perumpamakan sebagai satuan waktu, misalnya kita melihat sebuah objek seperti satu bintang, jaraknya 1 tahun cahaya. Diartikan cahaya yang ditangkap oleh mata kita adalah

"Cahaya yang telah melakukan perjalanan selama 1 tahun dan terlihat di mata kita".

Mengapa begitu lama, karena cahaya membutuhkan waktu perjalanan sampai terlihat. Dan alam semesta sangat luas sekali. Bila sebuah benda memiliki jarak 1 tahun cahaya, sama saja yang dilihat adalah cahaya yang berasal dari satu tahun lalu. Hemm jadi tidak masuk akal, tapi itu yang benar. bayangin deh?

Contoh jarak galaksi paling dekat dengan galaksi kita Bima Sakti adalah Andromeda. Jaraknya 2,5 juta tahun cahaya. Manusia bisa membuat foto galaksi Andromeda, dapat melihat dengan teropong astronomi. Tapi galaksi Andromedia itu jauh sekali, ketika foto galaksi Andromedia dibuat maka cahaya yang dilihat di gambar galaksi Andromeda pada 2,5 juta tahun lalu. Apakah foto galaksi Andromeda yang dibuat hari ini adalah gambar 2.5 juta tahun lalu dari galaksi Andromedia. Betul, karena cahaya yang terlihat di foto adalah gambar yang sangat terlambat datang sampai di bumi.

Kembali dengan kecepatan tahun cahaya. Nama tahun atau Year hanya mewakili dalam astronomi dalam mewakili satuan unit dalam jarak perjalanan cahaya. Atau diasumsikan jarak yang amat sangat jauh, jarak yang tidak lazim dan tidak standar. Karena itulah nama cahaya dibuat dalam satuan untuk memudahkan perhitungan jarak atau perhitungan jarak paling jauh saat ini dengan angka lebih kecil.


  • 1 tahun cahaya / 1 light year dapat di ukur dengan satuan unit dibawah ini
  • 1 light-year = 9.460.730.472.580.800 meter sebagai angka yang tepat
  • 1 light-year = 9.460.730.472.580 kilometer (9,46 triliun km)
  • 1 light-year = 5,878625 triliun mil
  • 1 light-year = 63.241.077 astronomical unit (AU) atau 63241077 kali jarak dari bumi ke matahari
  • 1 light-year = 0,306601 parsecs - pc


Jangan membayangkan Andromeda dahulu yang sudah bicara antara jarak galaksi ke galaksi. Ambil contoh paling dekat, Matahari. Jarak matahari ke bumi 149.600.000km Apakah kita melihat cahaya dari matahari dengan waktu yang sama disana. Seperti kita melihat cahaya lampu dirumah yang menyala dan terlihat memiliki waktu bersamaan.
Cahaya dari matahari ke bumi baru sampai 8 menit ke mata kita, atau memiliki perbedaan waktu 480 detik ketika sampai ke bumi.
Sekarang dibalik apa benar waktu yang dibutuhkan sebuah perjalanan cahaya matahari begitu lama dan jauh. Perjalanan satu tahun cahaya dihitung dalam satu tahun (365 hari). Kita hitung mundur saja.
  • 1 tahun cahaya = 9 triyun km (selama setahun)
  • 1 detik kecepatan cahaya = 311.66km/detik atau sebut saja 300 km/detik (pembulatan)
  • 1 tahun cahaya melakukan perjalanan = 9.000.000.000.000 km dibagi 311.666 km/detik. Total waktu perjalanan cahaya dalam detik detik adalah 1 setahun = 28.877.067 detik
  • 1 tahun cahaya memerlukan waktu tempuh = 28.877.678 detik = 481.284 menit = 8.021 jam = 334 hari atau mendekati 1 tahun

Jadi satu tahun cahaya adalah waktu perjalanan sebuah cahaya selama satu tahun dan melintas dengan jarak tempuh 9 triliun km selama 365 hari. Sekarang lebih masuk akal bila melihat perhitungan diatas.
Karena perjalanan sebuah cahaya membutuhkan waktu. Sebagai contoh seseorang mengambil foto matahari, maka gambar yang di dapat adalah gambar 8 menit yang lalu dari waktu di matahari. Bila matahari dianggap sebagai lampu. Ketika lampu dari matahari dinyalakan, maka sinar lampu yang menyala baru terlihat 8 menit kemudian di bumi.
Seandainya manusia ingin pergi sejauh 1 tahun cahaya saja. Secepat apa manusia bisa menempuh perjalanan 1 tahun cahaya.
Untuk memperkirakan berapa waktu tempuh bila mengunakan peralatan dari bumi.
1 tahun cahaya harus ditempuh selama 50 juta tahun bila pergi mengendarai mobil dengan kecepatan 80km perjam.
Satelit Voyager yang bergerak dengan kecepatan 70 ribu km perjam baru mencapai jarak 1 tahun cahaya dalam waktu 80 ribu tahun
Bila ada mahluk hidup memberikan tanda sinar pada jarak 1 juta tahun cahaya (10 triliun km) jauhnya ke bumi. Maka cahaya baru terlihat di bumi 1 tahun kemudian.
Setelah melihat ukuran, angka km dan waktu dari satu tahun cahaya. Lebih mudah di mengerti seberapa jauh jarak satu tahun cahaya tersebut. Sekarang sedikit lebih jauh berapa sih ukuran galaksi Bima Sakti ini. Galaksi Bima sakti memiliki rentang lebih dari 100 ribu tahun cahaya.
Kita ambil contoh lain dibawah ini dari galaksi Bimasakti sendiri. Manusia hanya bisa memperkirakan dengan potongan gambar yang dilihat di posisi bumi. Angka pada peta yang tertulis tersebut masing masing adalah jarak dalam tahun cahaya. Jadi posisi bumi memang amat berjauhan, walau ada benda angkasa lain seperti planet dan matahari diluar tata surya kita. Jarak antara planet bintang dan benda angka lainnya diluar tata surya kita sendiri dapat mencapai ribuan tahun cahaya. Jarak tata surya (termasuk bumi) kita memiliki jarak 28 ribu tahun cahaya ke titik tengah galaksi.
Bila manusia di bumi hanya bisa melihat dengan jelas bintang matahari. Apakah tidak ada benda yang dekat dengan kita selain planet dari Venus sampai Pluto. Masih banyak benda lain yang bersinar (disebut bintang) di dekat tata surya, tapi dimana mereka dan berapa jauh dari bumi. Bagaimana bintang paling dekat yang kita lihat menyala dimalam hari. Apakah bintang tersebut jaraknya sangat dekat?

Jadi, sudah jelas ya.

1 comment:

Terimakasih telah membaca artikel blog ini dan untuk merekomendasikan artikel ini ke teman anda bisa pilih tombol share.

..