Pages

Monday, April 7, 2014

Cara menjadi pelaut


Sejak lama nenek moyang bangsa indonesia dikenal sebagai pelaut itu terbukti banyak kerajaan-kerajaan di indonesia menggunakan kapal laut sebagai sarana perdagangan atau untuk memperluas daerah kekuasaannya terutama 2 kerajaan besar Majapahit dan Sriwijaya.

Namun sepertinya untuk masa sekarang. Nusantara atau yg saat ini dikenal dengan Indonesia penduduknya terutama kaum muda tidak menaruh minat untuk profesi yang satu ini entah kenapa, mungkin mental nya yg lembek, jauh dari orang tua dan keluarga terlebih ombak yg ada ditengah lautan maklum saja karna sejak dari dahulu pun pelaut-pelaut muda cara perekrutan nya itu dengan di culik, digebukin sampe pingsan pas sadar udah di atas kapal yg ada ditengah laut, mau kabur pun ngga mungkin kan!
(cerita dari guru waktu admin sekolah)  hehehe...

Nah ! tapi untuk baru-baru ini profesi pelaut banyak yg berminat lho termasuk admin cumaedit.blogspot.com juga hehe..
karna konon katanya gaji seorang pelaut itu besar dan jaringannya luas tak terbatas di penjuru dunia manapun, jadi tentunya bukan saja kita bekerja akan tetapi bisa menambah wawasan tentang berbagai negara di dunia dan plus+ nya bisa wisata keluar negeri nggak pake bayar malahan dibayar hehehe... !
data yg mencengangkan juga untuk kebutuhan pelaut Global pertahun nya itu 83000 untuk perwira kapal, bisa dibayangkan prospek bagusnya.
Untuk kalian yg ingin jadi seorang pelaut mari simak dengan teliti, admin mau berbagi tentang cara-caranya:
  • PENDIDIKAN

untuk pelayaran ada 2 jalur untuk menempuh pendidikan ini, kalo admin istilahkan Umum dan Khusus(kedinasan)
Pada dasar nya yg dipelajari itu sama tidak ada yg beda, yg membedakan hanya cara pendidikan nya saja.

Khusus Untuk kalian yg baru lulus SMU(ipa)/SMK(mesin) bisa masuk ke pendidikan khusus(kedinasan) untuk lokasi nya ada beberapa di wilayah indonesia khususnya untuk yg negri karna disini admin merekomendasikan kalian masuk ke negri dan di indonesia ada:
- STIP jakarta
-PIP semarang‎
-PIP makasar
-BP2IP tangerang‎
untuk kalian yg tinggal di dekat kota tersebut bisa pilih dan yg jauh jangan patah semangat, orang-orang di indonesia bagian timur pun banyak sekolah di STIP jakarta karena ada fasilitas asrama nya juga disana dan untuk jurusan khusus yg bekerja di kapal itu ada 2 yaitu Nautika dan Teknika, kalau untuk Nautik diharuskan lulusan SMU(ipa) dan Teknik diharuskan SMK(mesin).

mungkin kalian bingung apa sih Nautik dan Teknik? oke admin kasih penjelasan singkatnya.
di atas kapal itu ada 2 departemen/bagian !

-pertama bagian "Dek" yaitu bagian yg bertanggung jawab dikapal segala sesuatunya kecuali "mesin" seperti membawa kapal di anjungan, menentukan posisi kapal, muatan dll. dan

-yang kedua bagian "mesin" yaitu bagian/departemen yg bertanggung jawab atas segala sesuatu yg berhubungan dengan mesin kapal, entah itu mesin induk, mesin bantu, generator dll..
masih bingung? pernah nonton MOTOGP kan ? secara kasarnya departemen dek itu si pembalap dan departemen mesin itu mekaniknya. gimana, udah ngerti?

baik kita lanjut ke lama belajar, kurang lebih pendidikan di sekolah pelayaran itu 3-4th dibagi 1th masa praktek dan sisanya di kampus.
Setelah kalian lulus, kalian mendapatkan ijasah kepelautan dan ijasah umum (enak kan) ANT/ATT 3 dan D4.
yg untuk berlayar kalian bisa pakai  ANT(dek)/ATT(mesin) nya untuk melamar diperusahaan pelayaran, bahkan dari kampus bisa langsung disalurkan langsung jadi perwira.

Umum kalau yang ini cara belajarnya tidak terlalu lama tetapi harus punya pengalaman berlayar minimal 6bulan untuk ANTdasar atau watchkeeping dan untuk ANT5 sampai ANT1 minimal harus punya pengalaman berlayar 2th dan tidak ada batasan usia nya kalau yg khusus ada batasan usia masuk maksimumnya, yg umum ini cocok untuk kalian yg bosan kerja di darat ingin peruntungan di laut tapi harus meniti dari bawah berbeda dengan yg khusus langsung dapat ijasah ANT3.
karna semakin kecil angka ijasah nya semakin tinggi nilai nya, begitu. untuk pendidikan nya ada di sebagian besar kampus khusus di atas dan
-BP3IP jakarta
-PERTAMINA rawamangun (jakarta)

  • KERJA
Mau sekolah dimana pun tetep aja kerja nya sama sama di kapal kan hehe, yup di atas sudah dijelaskan masing-masing departemen nya nah disini admin mau kasih tau jabatan-jabatan nya.
kalo di kapal itu ada sesepuhnya, bosnya, komandannya, pemimpinnya siapa lagi kalau bukan Nahkoda.
jd pemimpim tertinggi di atas kapal itu yang bertanggung jawab atas segala hal yang ada di kapal termasuk muatan, manusia dll yang membawahi departemen dek dan mesin adalah Nahkoda.


*catatan: markonis kebawah sudah termasuk departemen dek*

*untuk masinis 1-3/  di departemen mesin
*untuk mualim 1-3/  di departemen dek

untuk lebih jelasnya kalau kalian udah sekolah pelayaran pasti tau deh, ini hanya gambaran nya saja.


kita lanjut ke hal yg paling penting GAJI ! penting ngga ? penting dong hehe
sebenarnya tidak ada standar pasti berapa gaji perusahaan dalam negri beda dengan luar negeri yang bisa 3-4x lipat besar nya, admin juga bingung padahal kerja nya sama, jabatan nya sama, tanggung jawabnya sama, kapalnya sama(walaupun kapal indonesia tidak layak pakai) tapi malah berbeda gaji nya, kalo dibandingkan dengan pekerjaan di darat dengan dilaut (indonesia) memang lebih besar gaji di laut tapi untuk resiko tanggung jawab dan nyawa sangatlah tidak sepadan. maka dari itu kalian harus belajar bahasa inggris dari sekarang, kalau sudah fasih mau kerja di luar negri jadi mudah. sekalipun kalian punya ijasah tinggi mustahil bisa berlayar keluar negri kalau tidak bisa bahasa inggris karna di kapal itu team work banyak crew dari benua yg berbeda


















kalian bisa liat, gaji di kapal luar negri biasanya yg dipakai adalah dolar amerika tapi tergantung perusahaan tersebut ada yg pakai dolar singapur dll.

kita coba ubah ke rupiah dengan kalkulasi *Rp.11000 / $.1

  • Jr.Engineer/deckCadet :                    350x11000 = Rp. 3.850.000.-
  • 4thEngineer/3thOfficer:                   2400x11000= Rp. 26.400.000.-
  • 3thEngineer/2ndOfficer:                  4000x11000= Rp. 44.000.000.-
  • 2ndEngineer/1stOfficer:                  6500x11000= Rp. 71.500.000.-
  • 1stEngineer/Captain    :                  8000x11000= Rp. 88.000.000.-

ini adalah upah setidaknya untuk perusahaan pelayaran luar negri, sangat jauh berbeda dengan upah dari perusahaan lokal. gimana ? sudah ada gambaran tentang menjadi seorang pelaut ? kalau kalian bekerja dengan gaji yg lumayan bisa disimpan untuk modal usaha di darat hitung-hitung menambah pemasukan. dan kalau sudah bosan berlayar kalian bisa kok kerja di darat, dilingkungan pemerintahan seperti departemen perhubungan, kesyahbandaran, beacukai, dan dosen banyak yg menerima lulusan pelaut.

dan untuk pelaut biasanya disebut playboy, banyak istri dan suka main perempuan kalo dengan tanggapan seperti itu admin suka tertawa sendiri, sejatinya pelaut itu adalah profesi bukan nama orang, apakah untuk profesi (maaf) karyawan , pegawai negeri dijamin tidak main perempuan? bisa dijamin? tidak. bukan ukuran sebuah profesi untuk menilai baik buruknya sesorang.
di lingkungan admin tidak sedikit yg keluarga pelaut, tapi mereka sama hal nya seperti keluarga biasa sampai tua walaupun ada yg sudah tidak berlayar lagi( hanya anak-anaknya saja yg meneruskan berlayar) mereka masih harmonis malah setelah jarang ada waktu mereka makin lengket hehe..

baik, semoga informasinya bermanfaat. sukses untuk kalian..

7 comments:

  1. Strategi apa yang harus di siapkan sebelum mendaftar jadi taruna ( keahlian khusus, seperti bahasa inggris/ apa perlu les terlebih dahulu )

    ditunggu jawabanya..atau bisa via email ryan.novita@gmail.com

    Terima kasih
    Ryan Adam

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya ga ada persiapan khusus karna jadi taruna berarti dipersiapkan di dunia kerja, tapi yang jelas harus persiapkan mental ��

      tapi kalo untuk basic bahasa inggris itu memang diperlukan.

      Delete
  2. mau tanya dong min, ada juga bagian KPN/ ketatalaksanaan pelabuhan, u/ gajinya bagaimana? trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepengatahuan admin tatalaksana kepelabuhanan itu ditempatkan di pelabuhan2 , jd mungkin standard gaji nya ga seperti pelaut pada umumnya karna perusahaan pengelola pelabuhan kebanyakan dari pemerintah

      Delete
  3. Jurusan yang paling pas buat cewek yang mana sih,ada latihan fisiknya gak, apa harus bisa renang.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada jurusan ketatalaksanaan pelabuhan yg menurut admin pas buat cewek tp gak semua sekolah atau akademi pelayaran ada jurusan ini. kalo untuk bisa berenang sebenernya gak mesti cuman kalo ingin masuk ke sekolah yg diinginkan lebih baik mempersiapkan diri termasuk renang

      Delete
  4. halo gan, saya prayogi yang punya website tkisukses.com

    wau tukar link gak gan biar website kita sama-sama peringkat di google?

    terimakasih sebelumnya :D

    ReplyDelete

Terimakasih telah membaca artikel blog ini dan untuk merekomendasikan artikel ini ke teman anda bisa pilih tombol share.

..