Pages

Monday, April 22, 2013

tips menjadi telemarketing yang hebat

Apa kabar ? semoga baik-baik yah amin.
untuk postingan kali ini cumaedit.blogspot.com ingin sharing tentang suka duka nya menjadi telemarketing dan juga tips untuk menjadi telemarketing yang hebat.
Untuk zaman yang seperti sekarang ini yang kemajuan tekhnologi nya sangat cepat sekali, banyak dari pelaku usaha memanfaatkan keadaan yang memberikan hasil yang cukup besar yaitu menjual produk barang atau jasa menggunakan tekhnologi, entah melalui telefon ataupun media elektronik.



Nah kalo bicara kayak gini pasti kita berbicara tentang telemarketing. membahas apa itu telemarketing dan bagaimana untuk menjadi telemarketing yang hebat ??

Telemarketing adalah seni menawarkan produk melalui media komunikasi seperti telepon yang dari penawaran, penginformasian sampai transaksi jual beli nya melalui telepon dan juga menjadi telemarketing tidaklah gampang, karena seorang telemarketer harus bisa membuat seorang nasabah yang ditawar nya mau untuk membeli produk tersebut, simak yah kiat-kiatnya.



- Persiapan
seorang telemarketer haruslah mempersiapkan materi ataupun produk yang seperti apa yang ingin dijual terutama untuk kesiapan diri yaitu mental karena nasabah yang kita temui bukan lah nasabah yang kita kenal bahkan raut wajahnya pun tidak kita tau. maka dari itu kesiapan mental lah yang diperlukan.

-Memahami produk
selain untuk persiapan diri, inilah salah satu yang paling penting yaitu memahami produk yang akan dijual. kalau yang dijual saja tidak tau bagaimana nasabah kita mau beli ? apa lagi ada pertanyan dari nasabah yang memang sebenarnya tertarik tapi setelah tau kita tidak memahami produk pastinya mereka akan ragu.

-Percaya diri
kenapa percaya diri ? inilah yang menjadi titik lemah seorang telemarketer yaitu kurang nya kepercayaan diri, kalau untuk ke diri sendiri saja kita tidak percaya bagaimana nasabah/orang lain karena kita menjual melalui udara bukan face to face ? posisikan lah diri anda sebagai seorang nasabah. maka tentunya anda akan mendapatkan hasil yang maksimal.

-Percaya produk
kalau untuk yang satu ini pastinya sensitif sekali , bayangkan anda merasa kalau produk yang anda jual itu tidak bermanfaat?? hemm gimana ya..
disinilah pentingnya ! nasabah kebanyakan, hanya ingin membeli kalau mereka butuhkan itu pun kalo mereka ada uang. kalau anda sudah memiliki kepercayaan pada produk yakinkanlah pada nasabah kalau produk ini benar-benar mereka butuhkan dan bermanfaat, buka mainset dan fikirannya kalau produk yang anda jual sangatlah bermanfaat jadi seorang telemarketer bukanlah menjual produk tetapi menjual manfaat. kalau nasabah sudah berfikir demikian sekalipun tidak punya uang pasti akan bela-belain beli deh trus sale/closing hehehe..

-Bicara santun
Cara anda berbicara tentunya akan menetukan respon nasabah kalau anda bicara santun dan bersikap ramah nasabah pun yang tadinya marah-marah akan menjadi simpatik dan mau mendengarkan presentasi  anda, anggaplah nasabah seperti teman agar nasabah merasa nyaman dan tidak kaku dengan kita tapi ingat kita dalam posisi menjual yang menempatkan nasabah seperti raja, jadi santun dan bersikap ramah adalah kunci untuk membuka hati nasabah.

-Menerima penolakan
ini yang terkadang dikeluhkan oleh seorang telemarketer yaitu penolakan ! kadang ada juga yang marah setelah merayu tapi nasabahnya tetap tidak mau, pasti anda jg akan merasakan kok hehehe :D .
anda harus menerima penolakan karna itulah resiko menjadi penjual, kalo anda mengeluh sama saja seperti petinju yang sedang bertanding mengeluh kesakitan kepada pelatih karena dipukul oleh lawan nya padahal itulah resikonya. lucu yah kalo kayak gitu hehehe. kita harus bersikap profesional dan menerima segala resiko.



itulah kiat-kiat menjadi telemarketing yang handal bisa anda jadikan patokan tetapi banyak-banyak bertanyalah kepada senior anda dikantor karna setiap pertanyaan dan juga penolakan nasabah dinamakan handling objection yang tentunya senior anda sudah merasakan hal tersebut.


semoga menjadi telemarketing yang hebat dan artikel ini bermanfaat bagi anda.

37 comments:

  1. wah.. tak perlu terjun ke lapangan nih..

    ReplyDelete
  2. yapp betul gan, kalo untuk telemarketing cukup didalem kantor depan komputer ngga panas-panasan hehe thanks udah mampir gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks buat mas tanto. Semakin aq bnyk bljr lg and tingkatkan kpercayaan diri qu lg buat prospek qu

      Delete
  3. Sebaiknya kalau mau neleponin calon customer itu baiknya jamber ya??

    TY

    ReplyDelete
  4. untuk christy pardede salam kenal, jamber itu maksudnya jam berapa ya ? kalau untuk jam dimungkin kan jam jam makan siang atau istirahat sekitar jam 12:00 - 13:00 karena itu waktu senggang CH jadi kita bisa ambil kesempatan itu namun alangkah baiknya kamu telpon di pagi hari agar bisa buat janji dengan CH di jam berapa mereka bisa di ganggu karena bisa saja CH tersebut tidak ingin diganggu jam makan siang nya.

    menurut admin sekian. terima kasih sudah mampir ya semoga bermanfaat..

    ReplyDelete
  5. Masih bingung nih, bisa diinfokan lebih jelasnya bget? Saya masih nuwbi nih jdi telemarketing, baru 4 harian .. Masih gagu buat nelpon customer..

    Thanks dan best regards,

    Teddy Septiansyah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah kok jadi telemarketing modal awalnya harus percaya diri sendiri kalo udah begitu mimin yakin pasti kamu sukses, amin...

      kalo untuk tekhnisnya postingan diatas bisa jadi pedoman dan setiap perusahaan asuransi biasanya mengadakan training khusus untuk para TSR nya.

      Makasih udah komentar :)

      Delete
  6. Terimakasih atas kiat kiat nya detelah saya membaca saya smkin semangat memjalani pekerjaan saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama semoga bermanfaat dan sukses semoga lewat dari target terus ya bradd..

      Delete
  7. kebetulan saya sudah jdi telemarketing 2 tahunan tpi masih ttp blajar..tq :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ada senior nih biasanya yg lama di asuransi pasti komisinya jalan terus ya hehe..

      Delete
  8. thanks infonya.
    mereka bisa, aq pasti juga bisa.
    Amin.

    ReplyDelete
  9. iyaa bro kalo nasanahnya sudah nolak menta2 di awal tapi kita belum presentasi , apa yang musti kita lakukan kasih tipsnya ya broooo makasih yaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran mimin sih kalau udah kayak gitu bagusnya di reschedule kemungkinan si nasabah pada saat dihubungi mood nya kurang bagus jd ngga ada salahnya di hubungi lain waktu. Bagaimanapun hasilnya itulah seni menjual bro jangan takut sama penolakan anggap aja itu sebagai latihan keberanian kita sama nasabah.

      semoga bermanfaa..

      Delete
  10. Maaf banget buat temen temen baru dibales komen nya soalnya mimin sedang ikut cpns..

    ReplyDelete
  11. Replies
    1. masih bingung dimana nya sist siapa tau mimin bisa bantu.
      :)

      Delete
  12. gan, kalo kerjaan nuntut nelpon di jam kerja kudu gimana tuh, bukanya dapet nasabah malah dapet penolakan terus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya waktu yang tepat itu pada saat pertama kali si nasabah angkat telfon gan, agan harus semaksimal mungkin menahan si nasabah agar tidak menutup telfon, caranya dengan intonasi suara yg lembut dan juga greeting yg menarik. karna kesan pertama si nasabah terhadap telemarketing adalah 12 detik pertama setelah angkat telfon harus kita manfaatkan semaksimal mungkin gan..

      Delete
  13. Bagaimna ya trik atau caranya membuka fikiran orang yang kita ajak bicara untuk percaya dengan produck uang kita tawarkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. berikan dia contoh seperti. " UNTUK SAAT INI BIAYA RUMAH SAKIT MAHAL YA PAK ? DITAMBAH DENGAN KEMAJUAN ALAT ALAT KESEHATAN DAN OBAT PASTI AKAN MEMPENGARUHI BIAYA YANG AKAN DIBAYAR.
      contoh kecil nya seperti itu, gampangnya posisikan aja kita sebagai si nasabah kalo dikasih pemikiran begitu rasanya gimana.

      Delete
  14. Maaaf, maksudnya produck yang kita tawarkan,,terimakasih

    ReplyDelete
  15. Kalo misalnya kita dlm sebulan ga dapet nasabah. Gmna tuh? Apa kita ttp di gaji?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba indah kalo untuk telemarketer biasanya tetep digaji karena tetap harus masuk kantor. tapi tergantung perusahaannya ngasih kebijakan yang kayak gimana. ada juga yang gak jualan sebulan di keluarkan.

      Delete
  16. Iya tuh gan bener kata nuno,
    Caranya gimana ya!
    Maklum klo saya kan orang baru belajar soal marketing/telemarketing soal saya tertarik dng kerjaan telemarketing walau saya lulusan manajemen informatika tp saya tertarik tuh untuk mengetahui cara cara telemarketing.
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek gan komen nya nuno udah aku bales, kurang lebih seperti itu.

      Delete
  17. Coment mas agus salim juga saya sependapat tuh, gimana caranya tolong kasih beberapa contoh gan? Saya masih blm tau caranya tuh.
    makasih

    ReplyDelete
  18. saya seorang tele marketing kurang lebih 4tahun .
    saya mw bertnya , bagaiman cara menghilngkan rasa jenuh ( bosan ) dengan pekerjaan seorang tele marketing ?
    lalu apakah seorang tele yg sukses bisa mnjd marketing ( sales ) yg sukses juga ?
    mohon solusinya terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya mba dari kantor ada reward jalan2 kalo tsr nya melebihi target yang ditentukan, gada salahnya mba coba sekaligus naikin komisi juga

      Tp kalo untuk sales gada salahnya juga mba coba, kemampuan mba hanya mba yg tau jd boleh2 aja dicoba

      Mba juga ga mungkin selama nya jd tsr kan..

      Tp tetap semangat buat kejar target mba 😁

      Delete
  19. gan, telemarketing baru kalau dalam sebulan belum dapat costumer itu hal yang wajar ga sih ?

    ReplyDelete
  20. Pagi Min, mau tanya sedikit boleh ...
    untuk menjadi Telemarketing Diluar Produk Nasabah. biasanya, harus Closing ditempat, dengan waktu minimal 20 Seconds ?
    tolong bantu min kiat kiatnya harus seperti apa ?

    terimakasih
    Regards

    ReplyDelete
  21. Pagi Min, mau tanya sedikit boleh ...
    untuk menjadi Telemarketing Diluar Produk Nasabah. biasanya, harus Closing ditempat, dengan waktu minimal 20 Seconds ?
    tolong bantu min kiat kiatnya harus seperti apa ?

    terimakasih
    Regards

    ReplyDelete
  22. Kami adalah organisasi hukum yang dibuat untuk membantu Orang yang membutuhkan bantuan, seperti bantuan keuangan.

    Jadi jika Anda atau Anda berada dalam kesulitan keuangan dalam gejolak keuangan, dan Anda perlu uang untuk memulai bisnis Anda sendiri, atau Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi utang Anda atau membayar tagihan Anda, memulai bisnis yang baik, atau telah meminjam lebih banyak Masalah dari lokal bank, hubungi kami hari ini melalui Email: di catherinewilliamloancompany@gmail.com

    Email: catherinewilliamloancompany@gmail.com


    Aplikasi pinjaman meliputi:

      Nama: _________
      Alamat: _________
      Negara: _________
      Okupasi: _________
      Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan: __________
      Tujuan Pinjaman _________
      jangka waktu kredit__
      Penghasilan bulanan: _________
    Telepon: _________

    Silakan hubungi kami melalui e-mail

    Email kami: catherinewilliamloancompany@gmail.com

    ReplyDelete

Terimakasih telah membaca artikel blog ini dan untuk merekomendasikan artikel ini ke teman anda bisa pilih tombol share.

..